BREAKING NEWS

31 Mei 2012

Facebook Smartphone, Dirilis pada 2013?

Facebook sebagai situs jejaring sosial terbesar di dunia, dikabarkan akan membuat smartphone yang diprediksi dirilis pada tahun 2013. Situs surat kabar The New York Times memberitakan bahwa Facebook sedang mencari insinyur berpengalaman untuk menggarap facebook smartphone.

[caption id="attachment_399" align="alignnone" width="300" caption="Facebook Smartphone dirilis 2013?"]Facebook Smartphone[/caption]

Untuk merealisasikannya, facebook dikabarkan merekrut enam insinyur hardware dan software Apple yang bekerja untuk iPhone dan satu orang yang bekerja untuk iPad. Salah seorang insinyur yang bekerja untuk iPhone mengatakan bahwa ia telah bertemu Mark Zuckenberg, pendiri dan CEO Facebook. Saat itu, Zuckenberg menyampaikan banyak pertanyaan detail tentang cara kerja smartphone termasuk chip yang digunakan.

Seorang mantan insinyur hardware Apple yang telah dipekerjakan oleh facebook juga telah diberitahu hardware apa saja yang akan digunakan untuk facebook smartphone.

Facebook tidak menyangkal apa yang diberitakan The New York Times, sementara itu, kepada situs teknologi All Things Digital, juru bicara facebook mengatakan bahwa mereka bekerja di seluruh industri mobile, dengan operator, penyedia sistem operasi, penyedia hardware hingga pengembang aplikasi.

Facebook dikabarkan memang sedang serius memantau tren penggunaan perangkat mobile. Beberapa hal yang dapat dilihat sebagai indikasi bahwa facebook serius terhadap tren penggunaan perangkat mobile adalah:

  1. mengakuisisi aplikasi editing dan sharing foto "instagram" pada April 2012 yang lalu.

  2. membuat aplikasi mobile untuk aplikasi messenger (facebook messenger), aplikasi kamera (facebook camera) dan mempersiapkan toko aplikasi online (facebook app center) semacam Android dan iPhone Store

  3. facebook dikabarkan sedang berencana mengakuisisi perusahaan software untuk browser OPERA.


Rencana besar facebook ini disinyalir sebagai langkah untuk menandingi google yang memang dikabarkan sedang "perang dingin" dengan facebook yang lebih memilih mendekati Microsoft dan Bing. Terlihat pada proses kerjasama mereka dalam pengembangan aplikasi social netweork "So.cl" yang dikembangkan oleh Microsoft’s research team FUSE Labs.

Facebook Smartphone will be released in 2013? (english version)

Share this:

3 komentar :

  1. wah bakal semakin seru persaingan gadget sekarang, rupanya facebook sedang mencoba berubah seperti apple yang membuat device sekaligus layanannya..

    BalasHapus
  2. sepertinya memang akan begitu. :D

    BalasHapus
  3. Wauw, sangat ramai nih pasaran smartphone. Pasti bakal seru. Pastinya meramaikan pasaran teknologi. Mari kita nantikan saja ini.

    BalasHapus

 
Copyright © 2014 Gempur Abdul Ghofur. Designed by OddThemes