Kaget! Satu kata yang pas menggambarkan perubahan nama dari tokobagus.com menjadi OLX.co.id. Betapa tidak, nama tokobagus.com sebagai marketplace terbesar kedua di Indonesia disusul berniaga.com ini sudah kadung menjadi trademark yang melekat bagi siapapun dari pemain market online, baik penyedia produk/jasa maupun penggunanya.
Perubahan ini terjadi baru saya ketahui pada 28 Mei 2014 setelah melihat iklan dari idblognetwork di sidebar saya yang mengumumkan perubahan nama tersebut. Padahal perubahan tersebut sudah terjadi skeira seminggu sebelumnya, yakni tanggal 20 Mei 2014. Sepertinya, berita perubahan nama ini kalah populer jauh dari pemberitaan politik pemilihan presiden dan juga tenggelam jauh di bawah permukaan kesibukan saya yang mengurusi Pengumuman Ujian Nasional 2014 dan Pengumuman SNMPTN 2014.
Secara pribadi, tokobagus.com dan berniaga.com, keduanya pernah menjadi partner dalam berkegiatan, baik secara langsung maupun tak langsung. Tokobagus.com yang kini olx.co.id sendiri terakhir menyelenggarakan kegiatan di tempat saya biasa beraktifitas. Terhitung dua bulan sejak Maret 2014 yang artinya masih hangat-hangatnya acara workshop blogging bagus bersama tokobagus.com saya bikin.
Perubahan Nama, Perubahan Kebiasaan
Sepele sebenernya, hanya berubah nama dan tak mengubah apapun yang lainnya. Tapi dampaknya luar biasa. Brand yang sudah kadung melekat ini tak bisa hilang begitu saja. Apalagi sudah sembilan tahun menemani publik online secara gratis dan menempati posisi teratas situs e-commerce Indonesia.
Tak bisa dipungkiri bahwa perubahan nama ini butuh waktu panjang untuk penyebutan ulang tokobagus.com dalam pembicaran sehari-hari menjadi olx.co.id. Lidah Indonesia sudah kadung terlanjur dengan nama Indonesia dan kini harus membiasakan dengan akronim yang lebih familiar sebagai kata asing, O L X. Bagaimana pengucapan yang pas dan enak didengar telinga Indonesia? Meski suku kata yang terkandung dalam kata tokobagus (4 suku kata: to-ko-ba-gus) lebih banyak dan OLX lebih sedikit (3 suku kata: o-el-eks), akan tetapi penyebutannya lebih nyaman yang pertama dibandingkan nama yang kedua. Apalagi jika dikaitkan dengan Suku Jawa, pembacaan OLX memberi kesan negatif karena dibaca "O.. Eleks" (baca: Ooo Jeleks). :D
Brand Lokal Tumbang Berganti Brand Internasional
Perubahan nama ini jelas terkait dengan kebijakan perusahaan. Toko Bagus adalah nama lokal untuk situs e-commerce berbasis geografis Indonesia, di Filipina bernama sulit.com.ph, kesemuanya berganti nama menjadi OLX dan ekstensinya menggunakan ekstensi domain lokal di masing-masing negara.
Situs tokobagus.com ini dimiliki oleh perusahaan e-commerce internasional Naspers yang berpusat di Afrika Selatan. Sentralisasi nama menjadi OLX seolah ingin menunjukkan kepada publik internasional betapa besar dan raksasanya perusahaan e-commerce ini yang memiliki cabang di hampir seluruh negara di penjuru dunia.
Saya kira, kembali pada anda semua selaku pengguna e-commerce gratis ini, mau terus memakainya atau beralih ke yang lain, itu tergantung pada kenyamanan anda. Satu hal yang pasti, hampir keseluruhan hal-hal besar di negeri ini tak ada brand lokal yang merajai. :D
29 Mei 2014
TokoBagus.com Menjadi OLX.co.id
Posted by Abdul Ghofur on Kamis, Mei 29, 2014 in Teknologi | Comments : 6
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
ane juga kaget dengan pergantian namanya itu
BalasHapusmakin bagus tampilannya...
BalasHapusmakin keren aja nih!
BalasHapusJangan lupa Toko Bagus masih mempunyai saudara kembar yaitu tokoterbagus.com
BalasHapusKeren templatenya om.blog nya juga ringan..blogwalking dulu
BalasHapusMungkin sudah kalah dengan bukalapak, tokopedia, forum jual beli di Fb dan sebagainya...
BalasHapusBlogwalking aahhh
www.santridrajat.com :D