BREAKING NEWS

07 Juli 2012

Batik Tanjung Bumi: Batik Khas Madura

Batik sepertinya menjadi produk yang tak lekang oleh jaman. Kain dengan motif aneka rupa warna dan coraknya ini asli produk budaya Indonesia. Sentra batik pun tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Masing-masing daerah memiliki corak dan motif yang memiliki karakteristiknya yang unik dan memang menarik.

[caption id="" align="alignnone" width="338"]Batik Tanjung Bumi Madura Batik Tulis Tanjungbumi Madura (source: http://batiktanjungbumi.wordpress.com)[/caption]

Salah satu daerah yang memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri adalah Batik Madura. Batik Madura sebagai salah satu aset Batik Indonesia ternyata memiliki keragaman dan keunikan terutama dari sisi warna yang terlihat mencolok jika dibandingkan dengan batik-batik dari daerah lainnya. Salah satunya adalah batik tanjung bumi.

Melalui salah satu sesi Blogilicious 2012 di Madura (presented by TELKOM MULTIMEDIA dan IBN) yang berlangsung pada 7-8 Juli 2012, tepatnya di sesi blogpreneur yang diisi oleh Kang Genthokelir (Toto Sugiharto), ada satu peserta yang bertanya bagaimana menjadikan Batik Tanjung Bumi sebagai salah satu BATIK KHAS MADURA populer tak hanya di kampung halamannya tapi juga populer di dunia maya. Lalu, bagaimana caranya Batik Tanjung Bumi tersebut bisa laku dijual secara online melalui blog.

Pertanyaan terkait Batik Madura ini terlontar setelah Mas Toto Sugiharto memaparkan kesuksesannya terkait pemasaran kambing ettawa melalui situsnya di kambingettawa.org. Pertanyaan tersebut tentunya menggelitik dan wajib dijawab, bagaimana caranya menjadikan Oleh-oleh Khas Madura yang satu ini bisa populer di search engine, minimal bagi pengrajin Batik Tulis Madura tersebut.

Keunikan Batik Tulis Tanjungbumi Madura

Batik Tanjung Bumi memiliki keunikan dari warnanya, jika mengerti cara mencuci dan menyimpannya, makin lama makin cerah warnanya. Motifnya pun terlihat unik dengan bahan yang terasa lebih lembut.

Proses pembuatan Batik Tanjung Bumi membutuhkan waktu sekira 6 bulan untuk kualitas yang paling bagus dengan harga dipatok di kisaran 10 juta, semua bahan pembuatan dari bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimiawi. Kualitas menengah butuh proses waktu sekira 2 bulan dengan harga di kisaran 250 ribu ke atas. Kualitas paling bawah proses pembuatannya membutuhkan waktu sekira 3 minggu dengan bahan pembuatan campuran alami dan kimiawi. Harga-harga di atas tersebut untuk ukuran kain batik dengan panjang 2 meter x 1 meter.

Untuk mendapatkan produk Batik Tulis Tanjung Bumi Madura, dapat menghubungi salah satu pengrajinnya di 082331331936 atau dapat mengirim ke qaimah.1991@gmail.com dengan contact person Ana Qaimah L.M.D.R. Jika anda mengalami kesulitan menghubungi, silakan kontak pak slamet 085231072505 atau @gempurmedia di 082139521312.

Share this:

4 komentar :

  1. Corak dari batik madura kaku dan perpaduan warnanya yang berani membenturkan warna seperti merah dengan hijau

    BalasHapus
  2. kakunya itu yang bikin berani :)

    BalasHapus
  3. selembar kain butuh waktu 6 bulan? wow... (sambil koprol)

    BalasHapus
  4. baru kemaren juga nih kita ngerayain hari batik nasional

    BalasHapus

 
Copyright © 2014 Gempur Abdul Ghofur. Designed by OddThemes